RPP PJOK KELAS 1 : Aku dan Teman Baru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK                                     Satuan Pendidikan      : SDN. _                  ...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK


                                    Satuan Pendidikan      : SDN. _
                                    Kelas / Semester         :  1 /1
                                    Tema                           :  Diriku (Tema 1)
                                    Sub Tema                    :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
                                    Jenis Kegiatan             :  Kegiatan Berjalan
                                    Pembelajaran ke         :  1
                                    Alokasi waktu            :  90 menit


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
  2. Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
  3. Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
  4. Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

B.     KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

C.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: PJOK
Kompetensi
      3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha,
           dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1  Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1  Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
          usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
          tradisional.
4.1.1        Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

D.    MATERI
  1. Permainan memperkenalkan diri, 
  2. lirik lagu “Siapa Namamu”

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permainan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
                                             
F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
6.      Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
7.      Sebelum melakukan kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.
    10 menit
Kegiatan
Inti
A. Teman baru
  1. Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?”“Apakah kalian masih ingat nama teman-teman baru?”
  2. Guru lalu menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya.Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1      2   /  3  .  /  3    4  /  5  ./
Sia  pa   kah      na  ma  mu
5      4  /   3  .    /  3  3  /1  . //
Na ma  ku         .............
(sebutkan nama anak)
  1. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah.
  2. Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
  1. Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
  2. Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan.

   65 menit


Kegiatan
Penutup

1.      Setelah kegiatan guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pendinginan.
2.      Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyebutkan nama-nama teman barunya kepada orang tua dirumah.
4.       Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
5.       Salam dan do’a penutup.
   
15 menit



G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Software Pengajaran  kelas 1  SD/MI dari JGC.
3.      Video/slide/gambar kegiatan berjalan.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut
1.      Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan.
Contoh lembar observasi sikap :
Nama     : Arora
Kelas/Sem    : Kelas I/Sem 1
Pelaksanaan pengamatan: Di luar/di dalam pembelajaran

No
Aspek yang diamati
Tanggal
Catatan guru
1.
Rapi
7/09/2016
Berbaris rapi
2.
Teratur
7/09/2016
Berjalan lurus dengan teratur.
3.




2.      Penilaian keterampilan:
Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah

Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….












                                                                                                    Bandung ,    Juli  2017

                        Mengetahui ,
                        Kepala Sekolah Dasar                                   Guru  Mata Pelajaran PJOK
                          




                   _                                                                                            _
                   NIP._                                                                                NIP._




Mengetahui,
Pengawas  Gugus Sekolah 18




_
NIP. _





















COMMENTS

adsense
adsesnes
adsense
Name

Agama,5,Android,8,Aqidah Akhlak,2,Artikel,11,Biologi,4,bola besar,1,BOLA VOLI,6,Buku Kurikulum 2013,8,BUKU KURIKULUM 2013 KELAS 2 SD-MI 2017,1,BUKU KURIKULUM 2013 KELAS 4 SD-MI EDISI REVISI 2017,1,bulutangkis,1,CABANG OLAHRAGA,6,Cara Mudah,20,CPNS Periode II Tahun 2017,2,Fisika,2,Geografi,8,Hindu,4,INSPIRASI & MOTIVASI,1,Internet,14,IPA,9,IPS,13,ISLAMI,2,JASMANI,3,KELAS 1,1,KELAS 2,1,KELAS 7,1,KESEHATAN,3,kumpulan kata,38,Loker,5,News,21,NISN,1,Olahraga,34,OLAHRAGA TRADISIONAL,1,OPERATOR SEKOLAH,1,PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN,1,Pendidikan,50,Penjaskes,7,permainan tradisional,2,PPKN,3,PRAMUKA,1,Ragam Contoh,13,Resep,2,Rohani,5,RPP,1,RPP KELAS 1,1,RPP PJOK,1,RPP SD,1,SD,2,Sehat,1,Sejarah,9,Senam,1,Showbiz,30,SMP,1,Sports,1,TENIS MEJA,1,Tips Motivasi,4,USBN Dan UNBK,16,
ltr
item
Tapak Pendidikan: RPP PJOK KELAS 1 : Aku dan Teman Baru
RPP PJOK KELAS 1 : Aku dan Teman Baru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIJX9DlLVWBZpY1C7Y0zQrYUZRHWYJ-PeKvPGcpfmZAtZMdZI9iLhuCv1kVQV45WKn65-CaAREfOMlgz48wAekhdXCX095Y-8V0JDNEh0m41nlE7X3X1E9vzHcfO1o6eRme2cwzChW7mcb/s640/12.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIJX9DlLVWBZpY1C7Y0zQrYUZRHWYJ-PeKvPGcpfmZAtZMdZI9iLhuCv1kVQV45WKn65-CaAREfOMlgz48wAekhdXCX095Y-8V0JDNEh0m41nlE7X3X1E9vzHcfO1o6eRme2cwzChW7mcb/s72-c/12.jpg
Tapak Pendidikan
https://tapakpendidik.blogspot.com/2017/09/rpp-pjok-kelas-1-aku-dan-teman-baru.html
https://tapakpendidik.blogspot.com/
http://tapakpendidik.blogspot.com/
http://tapakpendidik.blogspot.com/2017/09/rpp-pjok-kelas-1-aku-dan-teman-baru.html
true
362384587714621464
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy